Berikut 7 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

1 May 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Buah Jambu biji merupakan buah yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan buah lain seperti jeruk.

Berikut Beberapa Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan kandungan vitamin C mampu menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, membantu dalam penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, serta membantu tubuh menyerap zat besi.

2. Melindungi tubuh dari radikal bebas
Kandungan vitamin C di dalam jambu biji berperan sebagai antioksidan, yang berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Baca Juga: Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan U-23 Bareng Wartawan, Kadiv Humas Bicara Persatuan Bangsa

3. Menyehatkan mata
Buah jambu biji merah, mangga, papaya, dan semangka, merupakan sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, vitamin A ini juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membuat kulit tetap sehat.

4. Mencegah Demam Berdarah
Daun jambu biji diduga bisa menghambat pertumbuhan virus dengue. Daun jambu biji yang direbus pun diyakini bisa menurunkan risiko perdarahan pada penderita DBD, dan mampu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah dengue.

5. Mencegah diabetes
Jambu biji merah bisa mengurangi gejala diabetes, serta mengurangi kerusakan akibat proses peradangan dan oksidasi pada penderita diabetes.

6. Menurunkan tekanan darah
Jambu biji bisa menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Manfaat jambu biji ini diperoleh berkat kandungan vitamin C dan serat.

7. Mencegah kanker
Jambu biji merah ternyata bisa mencegah penyakit kanker. Khasiat ini tidak lain didapatkan dari kandungan antioksidan jenis flavonoid dan fitonutrien yang banyak terdapat di dalamnya. Kandungan ini dinilai sangat efektif untuk mencegah terserangnya penyakit kanker.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment